Rabu, 22 Oktober 2014

Jurusan Hubungan Internasional Keunggulan dan Perkembangan


Studi Ilmu Hubungan Internasional adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari fenomena interaksi diantara aktor2 hubungan internasional. Aktor disini bukan hanya negara lo, tapi juga bisa non-negara misal organisasi internasional, perusahaan multinasional, dll. Atau dengan kata lain Ruang lingkup hubungan yg mencakup semua interaksi yang berlangsung lintas batas Negara.
Sumber Gambar: ujungpenayoga.blogspot.com
Apa aja sih yang dipelajari di HI? Karena HI merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka HI juga mempelajari politik dan sosiologi dari perspektif HI. Selain itu, di HI, kita juga akan belajar gimana sih berdiplomasi dan bernegosiasi dengan baik dan benar, karena memang itulah tujuannya. beberapa matkul inti di HI antara lain pengantar HI, bisnis internasional, hukum internasional, politik luar negeri, pkn dll. HI juga mempelajari bahasa atau juga budaya negara lain. Misal prancis, arab, mandarin, dll tergantung kampusnya. HI akan membuat lulusannya semakin talk active, bijak membuat keputusan, kritis dengan isu2 internasional dan pintar berdiplomasi.
Then, gimana setelah lulus HI? Banyak orang bilang, bahwa setelah lulus dari HI, satu-satunya pekerjaan yang tepat adalah duta besar/diplomat. Ga salah sih, soalnya memang salah satu kompetensi utama HI adalah kesitu. Tapi ga itu aja. Selain jadi Diplomat, kompetensi utama lulusan HI adalah jg Internasional Officer. Instansinya antara lain Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase (Ahli yg diperbantukan pada kedutaan untuk mewakili/ngurus bidang tertentu. Ex atase militer), INGO (int'l non-govermental org). Pekerjaan lain HI a.l. Akademisi, Politisi, Birokrat, Analisis, Jurnalis, Banker, Pebisnis Transnasional, Konsultan Internasional. Instansinya a.l. di PTN/PTS, Parpol, Lembaga Pemerintahan, NGO, Lembaga Penelitian, Media Massa, Bank, MNC (multi national corp), dll Ga menutup kemungkinan jg lulusan HI untuk jadi Public Relations, Translater, editor, Presenter, Event Organizer dll. 
Keunggulan jurusan studi Ilmu Hubungn Internasional di UMM
Pada tahun 2004 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang secara resmi membuka Jurusan Hubungan Internasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 467/D/T/2004 yang penyelenggaraannya dilaksanakan pada tahun akademik 2005/2006 dan memperoleh perpanjangan Ijin Penyelenggaraan dengan Surat Ditjend DIKTINo.3197/D/T/2007, kemudian Terakreditasi pada tahun 2008 dengan Surat Keputusan BAN-PTNo.032/BAN-PT/Ak-XI/S1/XII/2008.
Jurusan Hubungan Internasional UMM merupakan Jurusan termuda yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMM. Serta telah mencapai beberapa perkembangan.Hal ini dibuktikan dengan beberapa fasilitas dan kerja sama yang telah dilakukan untuk lebih memudahkan proses pembelajaran mahasiswa, antara lain dengan Departemen Luar Negeri RI, CSIS Jakarta (Centre for Strategic and  International Studies), Biro Kerjasama Bagian Kerjasama Luar Negeri, Pemerintah Propinsi Jawa Timur, dan lain-lain. Saat ini telah & sedang dikembangkan beberapa kelompok studi di jurusan Hubungan Internasional UMM ini, antara lain CEAS (Centre for East Asia Studies), CoMES (Center of Middle East) & CIS(Centre for Intermestic Studies)
Pengembangan  studi Ilmu Hubungn Internasional di UMM
Berpijak dari hal tersebut dan dalam rangka membawa UMM go international, maka kajian utama Jurusan HI difokuskan pada Studi Hubungan Internasional Asia dan perkembangan Islam di dunia internasional sebagai ciri khas institusi Perguruan Tinggi Islam. Jurusan HI UMM juga mempelajari Studi Kawasan Amerika, Eropa, Australia serta isu-isu seputar globalisasi, studi strategis, studi keamanan & resolusi konflik maupun studi internasional & domestik.

Source 1
source 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar